Skip to main content

Jelang Tahun Baru, Pengusaha Mobil Rental Banjir Orderan

rental
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS, Makassar - Pengusaha persewaan mobil (rent-car,red) khususnya di Sulawesi Selatan mulai bersiap kebanjiran order menjelang masuknya momen natal dan Tahun baru 2018. Terlebih Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan mulai menggenjot pengembangan sepuluh destinasi dan obyek wisata baru tahun 2017 ini.

 

Pengusaha rental mobil, Wahid Gahar membeberkan, sejak sepekan lalu pemesan mobil rentalnya telah naik mencapai 100%. Bahkan menurutnya, saat ini pemesan banyak yang mengorder mobil jauh hari sebelum digunakan.

 

"Paling banyak ke lokasi wisata seperti Bulukumba dan Toraja. Jumlah pesanan untuk hari raya selalu naik 2 kali lipat. Jadi rata-rata semua unit keluar mulai Avanza, Pajero, Inova, Jazz sampai dobel cabin yang biasanya kurang diminati terkadang juga turun," terangnya, Senin (18/12/2017).

 

Menurutnya, hari raya merupakan ajang "panen" bagi pebisnis rental mobil. Terlebih, untuk harga normal yang biasanya dibanderol Rp. 250 ribu akan dinaikkan menjadi Rp. 400 ribu/unit.

 

"Beberapa pengguna mobil rental minta lepas kunci, beberapa minta didampingi dengan sopir. Untuk harga tergantung pemakaian, harga harian dikalikan lama penggunaan. Tapi tentu tetap ada potongan," tambahnya. 

 

Diketahui, Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan menawarkan sepuluh destinasi dan obyek wisata yang dapat menjadi pilihan menghabiskan malam pergantian tahun baru 2018. Sejumlah infrastruktur pendukung juga telah dibenahi untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

 

Kesepuluh obyek wisata tersebut yakni Lolai di Tana Toraja, Pulau Cambang-Cambang di Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kolam Bidadari di Barru, Pantai Marina di Bantaeng, dan kawasan Geopark Maros-Pangkep di antaranya Rammang-Rammang, kawasan Pantai Bira di Bulukumba, wisata bawah laut Takabonerate di Kepulauan Selayar, Pantai Liukang di Takalar, Pulau Samalona di Makassar, dan Air Terjun Karangan di Jeneponto. 

 

  • Miftahul Khaeriyah