Skip to main content

Pilkada Serentak, ACC Sulawesi Harap KPK Ikut Awasi Money Politic

ACC Sulawesi
Sekretaris ACC Sulawesi Kadir Wokanubun(kanan)


KABAR.NEWS, Bantaeng - Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi mengaku perlu merespon pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel). 


Respon tersebut bertujuan agar terciptanya Pilkada yang berintegritas. Dimana proses demokrasi harus dijamin terlaksana sesuai mekanisme dan prinsip-prinsip jujur, adil dan bertanggungjawab.


Sekretaris Eksekutif ACC Sulawesi, Kadir Wokanubun menyampaikan agar KPU dan Panwaslu Kabupaten/Kota sebagai panitia pelaksana dan pengawas Pemilu untuk menjamin pelaksanaannya berjalan secara demokratis.


Kadir pun berharap KPU dan Panwaslu bisa menjaga integritasnya dalam menjalankan seluruh tahapan pilkada, tidak terpengaruh dari tekanan pihak manapun.


Kadir menuturkan, bahwa praktik suap, conflict of interest dan Money Politic atau politik uang sangat berpotensi merusak tahapan pemilukada yang berintegritas. 


"Olehnya itu, kami meminta seluruh elemen masyarakat untuk mengawal seluruh tahapan Pilkada serentak ini, tidak terkecuali kepada seluruh institusi penegak hukum," tegasnya.


Kadir mengaku, bahwa ACC akan berkoordinasi dengan KPK, guna melakukan pemantauan terhadap praktek suap dan pungli di semua elemen yang mengikuti kontes pilkada.


"Serta ACC menghimbau masyarakat yang mendapat informasi, data dan fakta agar melaporkan untuk ditindaklanjuti," imbaunya.

  • Erwin Mappiara