Skip to main content

Polrestabes Makassar Berhasil Menciduk Pelaku Pencatutan Nama Jaksa Minta Dana Kegiatan Natal

pelaku
Pelaku Pencatutan Nama Jaksa Kejati Sulselbar yang meminta dana untuk kegiatan Natal berhasil diamankan oleh Polrestabes Makassar (kanan) (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Pelaku pencatutuan sekaligus pemalsu tandatangan jaksa minta dana mengatasnamakan institusi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar soal perayaan hari raya Natal ke Satker PBL Pemprov tertangkap.


"Sudah tertangkap pelaku pemalsu surat panitia Natal," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati, Salahuddin kepada KABAR.NEWS, Rabu (20/12/2017).


Penangkapan sendiri kata Salahuddin, masih sementara ditangani Polrestabes Makassar. Begitupun dengan lokasi penenangkapan saat pelaku yang belum diketahui jelas identitasnya ini diamankan. Hingga berita ini diturunkan pelaku masih sementara masih dalam penanganan pihak Polreatabes Makassar.


Sebelumnya, Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar mulai melakukan penyelidikan terkait kasus jaksa minta dana yang mencatut dua nama pejabat Kejati Sulselbar.
 

Hal tersebut dilakukan menyusul dua jaksa yang tak lain adalah pejabat Kejati itu melaporkan tindakan pencatutan nama dan tandatangannya yang dipalsukan oleh oknum pelaku yang belum diketahui identitasnya itu. Dua orang jaksa yang melaporkan kasus ini adalah, Jefri P Makepedua dan Andi Imanuel Palebangan.


Penipuan sekaligus pencatutan nama pejabat Kejati dengan meminta uang atau dana untuk pelaksanaan hari raya natal. Upaya pencatutan ini dibuat dalam bentuk selebaran surat yang dikirim ke Satker PBL Pemprov. Surat itu tertulis di kop atas nama Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Makassar dengan nomor: 01/pan -Natal Kejati /XII/2017.


Isi surat tersebut tertulis sebagaimana kita ketahui bersama setiap tahunya seluruh umat kristiani merayakan natal dalam rangka memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Untuk maksud tersebut, kami dari panitia dengan kerendahan hati memohon dengan kiranya bisa diberikan bantuan dana agar pelaksanaan kegiatan itu berjalan dengan baik dan sukses.

 

Rencana kegiatan diadakan Rabu 20 Demseber 2017 sekitar pukul 18.00 Wita di Hotel Grand Clarion. Kemudian ditandatangani mengatasnamakan  Panitia Pelaksana, ketua Jefri P Makepedua dan Sekretaris Andi Imanuel Palebangan.

 

  • Arul Ramadan