Skip to main content

Rajin Nonton Konser Ternyata Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Lho !

konser
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS – Bagi anda yang sering menonton pertunjukan konser secara teratur, informasi ini bisa menjadi kabar gembira. Pasalnya, kebiasaan nonton konser bisa menjadi salah satu hal yang membuat hidup layak dijalani. 

 

Melansir laman Indy100, penelitian menunjukkan bahwa penonton pertunjukan lebih bahagia dengan kehidupan mereka secara keseluruhan.

 

Sebuah studi di Australia memutuskan untuk mengeksplorasi hubungan antara interaksi musik biasa dan kesejahteraan subjektif atau Subjective well-being disingkat SWB. 

 

Sebagian besar penelitian sebelumnya berfokus pada evaluasi tanggapan klinis terhadap musik. Namun para ahli Australia melangkah lebih jauh dengan mengamati tanggapan orang-orang dalam kelompok.

 

Hasilnya, temuan menunjukkan bahwa mereka yang bermusik dengan menari atau menghadiri acara musik dikaitkan dengan SWB yang lebih tinggi dibandingan dengan mereka yang tidak terlibat dalam musik dalam bentuk ini.

 

Studi yang mewawancarai 1000 peserta melalui telepon ini, menganalisis kebiasaan partisipan yang menghadiri festival atau sekedar ke klub.

 

Temuan menunjukkan bahwa terlibat dengan musik dalam lingkungan komunal secara teratur menyebabkan meningkatnya tingkat kebahagiaan. Meskipun tidak apa-apa untuk mendengarkan musik sendirian.

 

Tapi ternyata manfaat sebenarnya berasal dari melakukannya dalam sebuah kelompok. Nah, jadi bila anda penikmat musik, jangan ragu datang ke konser bersama kerabat karena hal itu justru dianjurkan bila anda ingin mendapatkan kebahagiaan dan terhindar dari rasa bosan atau kesepian.