Skip to main content

Sering Tidur Bareng Ponsel, Waspadai Penyakit Ini

ponsel
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS – Penggunaan ponsel pintar kini sangat digandrungi oleh kebanyakan orang. Bahkan, seringkali pengguna masih menatap layar ponselnya menjelang tidur.

 

Ternyata kebiasaan ini mesti diwaspadai dan sebaiknya dijauhi saat seseorang sedang tidur. Sebab menurut Departemen Kesehatan California, kebiasaan ini bisa memicu masalah kesehatan yang menyeramkan, termasuk kanker, kesehatan mental dan masalah reproduksi.

 

Meski studi belum bisa membuktikan hal ini, namun ada banyak penelitian yang menghubungkan risiko penyakit tersebut dengan radiasi ponsel.

 

Salah satu hal yang bisa terlihat adalah bukti bahwa iPhone memiliki setting radio frequency (RF) yang telah diuji pada jarak 5mm. Standar keamanan AS juga memberikan saran pengguna untuk mengurangi paparan radiasi dengan menggunakan speakerphone atau handsfree.

 

"RF mungkin dapat menembus masalah otak anak-anak dengan lebih mudah ketimbang orang dewasa. Ironisnya, paparan radiasi juga memiliki efek jangka panjang pada otak yang sedang berkembang," tulis pedoman California, melansir dari laman Independent.

 

Sementara itu, penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bukti bahwa paparan ponsel dapat menyebabkan tumor di otak atau telinga. Tak hanya itu, kesehatan mental, fokus yang buruk pada pengguna remaja juga berkaitan dengan penggunaan ponsel yang berlebihan menurut psikolog.

 

Temuan keterkaitan kuat antara paparan radiasi saat tidur dengan jumlah sperma dan laki-laki, dan kualitas sperma juga ditunjukkan oleh penelitian lainnya.

 

Pedoman California juga menyatakan bahwa sifat tidak teratur dari sinyal telepon dapat memengaruhi kesehatan. Maka dari itu, para ahli menyarankan bila sebaiknya menggunakan headset dan tidur jauh dari jangkauan ponsel sebelum sejumlah dampak mengerikan menyerang tubuh.